Biografi Adele



Adele Laurie Blue Adkins atau dikenal sebagai Adele (lahir di Tottenham, London, 5 Mei 1988; umur 23 tahun) adalah penyanyi jazz dan soul serta penulis lagu dari Inggris yang memiliki suara kontralto. Dia telah malang melintang di dunia musik sejak usianya masih 19 tahun. Pada usia 16 tahun, Adele mulai menulis lagu berjudul Hometown Glory. Lagu tersebut akhirnya menjadi rekaman pertama yang sekaligus mengantarnya menjadi musisi ternama. Awalnya, minat bermusiknya sangat dipengaruhi oleh Spice Girls,
namun seiring usia, dia bergeser ke arah R&B akibat pengaruh Aaliyah, Destiny's Child dan Mary J Blige. Adele telah menerima banyak pengakuan baik secara komersial dan kritis. Album tersebut memulai debutnya di nomor satu dan telah disertifikasi 4x platinum di Inggris. Pada Grammy Awards tahun 2009, Adele memenangkan penghargaan untuk Pendatang Baru Terbaik dan Penampilan Vokal Pop Terbaik.

Setelah tampil di BRIT Awards, lagu "Someone Like You" mencapai nomor satu di Inggris, sementara album juga menetap di nomor satu. "Someone Like You" memegang posisi nomor satu selama empat minggu berturut-turut. Lagu ini juga telah menghabiskan 2 minggu di nomor satu tangga lagu Selandia Baru dan 5 minggu di nomor satu tangga lagu Australia. Official Charts Company mengumumkan bahwa Adele adalah artis hidup pertama yang mencapai prestasi atas lima hits baik di Official Singles Chart dan Official Albums Chart secara bersamaan sejak The Beatles pada 1964. Pada Mei 2011, penyanyi ini senilai £6 juta, mengikatnya dengan Lily Allen dan Duffy untuk tempat ke-9 pada daftar bintang musik terkaya Inggris dan Irlandia di bawah usia 30.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More